Home » , » Berbohong itu dosa, tetapi menyembunyikan informasi dari orang yang tidak berhak, itu boleh….

Berbohong itu dosa, tetapi menyembunyikan informasi dari orang yang tidak berhak, itu boleh….

Baik disadari atau tidak, setiap manusia pasti pernah berbohong &. tidak ada seorang manusia di dunia ini yang tidak pernah berbohong. Seorang yang terlihat baik, ramah, baik dan sopan belum tentu seorang yang jujur dan tidak pernah bohong.

Semua orang pasti pernah berbohong. Baik berbohong pada diri sendiri maupun orang lain.
Ada seseorang yang sangat sering berbohong kepada orang lain sehingga orang mengecapnya sebagai pembohong atau pembual.

Ada pula yang jarang sekali berbohong sehingga orang menilainya seseorang yang jujur padahal dia juga pernah melakukan suatu kebohongan.

Bahkan ada juga orang yang memiliki wibawa/kharisma yang cukup besar, sehingga saat berbohong jarang sekali orang lain bisa mengetahuinya atau bahkan percaya begitu saja yg dikatakanya kendati itu sebuah kebohongan.

Beberapa Tipe kebohongan :

1. Bohong berupa pengingkaran.

Bohong ini artinya secara mutlak mengabaikan atau menghindari kebenaran yang ada, atau penghindaran 180% terhadap yang ada.

2. Bohong berupa melebih-lebihkan

Bohong yang dilakukan dimana pembohong melebih-lebihkan fakta yang sebenarnya atau memberi kesan lebih benar.

3. Bohong berupa pemalsuan & penyembunyian

Maksud bohong pemalsuan atau penyembunyian adalah penghindaran atau penghilangan detail yang relevan dan disampaikan seolah-olah sebagai suatu kebenaran, padahal telah didesain untuk menyesatkan.

4. Bohong yang disukai banyak orang (kebohongan publik)

Percaya atau tidak, nyadar atau gk nyadar, ternyata sebagian besar dari kita menyukai kebohongan loch, pingin bukti? Oke…siapa yang suka nonton sinetron? Siapa yang suka nonton sinema/film? Nah lo….udah tau kalo sinetron & film suatu kebohongan, kenapa suka hayo?

5. White lies / bohong putih

Bohong yang dilakukan dengan memberikan pembelaan, sehingga bisa diterima menjadi suatu hal yg dianggap benar dan diterima oleh korban. Ada juga yang mendefinisikan berbohong untuk tujuan kebaikan…

Untuk point yang terakhir White lies / bohong putih, setuju gk sih kalo berbohong itu untuk tujuan kebaikan?

White lies itu sebenarnya adalah alibi orang-orang tidak berani berani menghadapi kenyataan atau tanggung jawab atas perbuatan / kata2nya..

Menurut aku sih, Berbohong itu dosa, tetapi menyembunyikan informasi dari orang yang tidak berhak, itu boleh….

Banyak yang mengatakan, kunci hubungan yang sehat adalah saling jujur, dan adanya keterbukaan.

Rasanya tdk ada, berbohong untuk tujuan kebaikan, (seperti yg orang2 katakan), yang ada adalah satu kebohongan pasti akan ditutupi oleh kebohongan lain.

Bagaimana bila suatu kebenaran dianggap menjadi suatu kebohongan? dmn hal ini pernah diangkat dalam sebuah film lama (sampai sekarang msh belum tau judul, aktor & sutradaranya, dulu pernah diputer di slh satu stasiun tv swasta), yg menceritakan ketika orang yang tidak salah dituduh membunuh & akhirnya dihukum dengan hukuman suntik mati….sungguh ironis bukan…

Setiap orang belajar dewasa dengan menghadapi kenyataan bukan kebohongan…mungkin lebih baik jujur di depan dengan ambil resiko dan buah perbuatan kita daripada org tersebut mengetahui dari pihak2 lainnya dan mendapati resiko yang lebih besar.

Pantaskah kebohongan itu dimaafkan??? perobek hati, pengoyak jiwa, penyayat raga…..

Bagaimana menurut anda??

By : Bang Nugros…::: Ditulis di : Surabaya @ jl.bibis tama 5b after Champion league MU vs Marseille



0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.


close