Home » , » Mengatasi Perselisihan di Lingkungan Kerja

Mengatasi Perselisihan di Lingkungan Kerja

Di Dalam Lingkungan kerja seringkali kita mengalami perbedaan pendapat baik itu dengan sesama rekan kerja ataupun dengan atasan. Berbeda pendapat dan berselisih pemikiran dengan rekan sekantor memang sangat tidak menyenangkan hingga bisa berakibat timbulnya salah paham. Disamping bisa berpengaruh terhadap kinerja Anda, suasana kerja yang tidak kondusif juga dapat mengganggu rekan kerja lainnya. Berusahalah untuk melakukan pendekatan dengan rekan kerja yang bermasalah, lalu segera atasi situasi yang membuat janggal tersebut.


Berikut ini ada beberapa langkah dan upaya untuk melunakkan kembali suasana kerja kantor yang tegang akibat perselisihan di lingkungan kerja:

Temui dan hadapi langsung rekan kerja yang berselisih paham dengan Anda. Akan lebih baik jika Anda mengeluarkan segala keluhan dan unek-unek langsung kepadanya dengan lebih bijaksana tanpa harus menggurui dan menghakimi daripada memendam masalah atau berbicara dibelakangnya dan lebih parahnya jika anda langsung melaporkan masalah tersebut ke BOS tanpa konfirmasi ke rekan anda, Hal ini malah akan semakin memperburuk keadaan. Bahkan anda bisa dicap " Penjilat ".

jalin komunikasi. Hindari diri dari bergosip atau menghasut rekan kerja yang lain serta melakukan serangan terhadap rekan kerja yang berkonfrontasi dengan Anda.

Jangan menampilkan ekspresi permusuhan dengannya, baik melalui bahasa tubuh, ekspresi wajah ataupun nada suara. Jadilah orang yang tegas tanpa harus bersikap agresif.

Tetap konsisten dan bersikap profesional. Simak setiap perkataannya di kantor dengan baik dan seksama, terutama saat di ruang meeting. Perlihatkan ekspresi ketertarikan akan permbicaraannya atau ide yang dilontarkannya. Anda bisa menganggap idenya itu sebagai masukan berarti tanpa harus menyetujuinya.

Bersikaplah fleksibel terhadapnya. Bicarakan secara jelas tentang apa yang Anda inginkan darinya. Tawarkan pula solusi dan saran yang positif tentang masalah yang Anda berdua hadapi.

Bicaralah dengan atasan Anda bila masalah dengan rekan kerja ini semakin serius dan sudah mengganggu kinierja Anda dan tim. Mintalah bantuannya tanpa harus merajuk dan menghasut. kalau atasan objektif tentu akan melihat masalah dengan proporsional, karena keterbatasan komunikasi kadangkala atasan langsung mudah percaya dengan masukkan bawahan tanpa melihat kondisi sebenarnya.

Belajarlah untuk memahami berbagai tipe kepribadian dari masing-masing teman sekantor Anda. Sekali saja Anda memahami tentang sikap dan perilaku mereka, maka untuk seterusnya Anda dapat dengan mudah berinteraksi dengannya lebih efektif.

Mengambil sikap memahami dirinya bukan berarti tidak bisa tegas dengan rekan kerja yang berkonfrontasi. Namun jangan pernah biarkan mereka menekan Anda hingga Anda sulit untuk beraktifitas dan melakukan sesuatu.

Semoga Bermanfaat.

Tips :

Tips : "Meningkatkan Konsentrasi di Kantor"
Kutipan : " Membuka Pintu-Pintu Rizki "
Kutipan : Manfaat Mengingat KEMATIAN, satu dari "Ingat Lima Perkara Sebelum Lima Perkara"
Etika Bisnis Di Tempat Kerja - Kantor
Tips : Sehat Bekarya dan Bekerja
Kriteria (Sikap) Bos atau Atasan Yang Diharapkan Bawahan
Tips : Motivasi Menghadapi Persaingan Yang Tidak Sehat di Lingkungan Kerja
Tips - Etika Bagaimana Bersikap di Depan Bos
Mempromosikan Diri tanpa "OVER ACTING"
“The Right Man on the Right Place and the Right Time" - Sumber Daya Manusia
Job Description: Bagaimana Membuatnya Lebih “Menjual”?
Seputar Lapangan Kerja / Karir / Bursa Kerja
Pilih "Kolam Besar" atau "Kolam Kecil"?


Artikel :
Ya ALLAH Jika Aku Jatuh Cinta
Siapa Yang Pantas Kita Cintai...????
Butiran Mutiara Hikmah Untuk Sahabat
Apapun aktivitas dan pekerjaan kita, hendaknya bermodalkan kejujuran
Jangan Ragu dan Sedih Karena Allah Bersama Kita
Layakkah kita sombong dihadapan ALLAH ?
Kutipan : Manfaat Mengingat KEMATIAN, satu dari "Ingat Lima Perkara Sebelum Lima Perkara





0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.


close